-->

Cara Membuat Origami Burung dari Kertas Super Mudah


Origami adalah kerajinan tangan yang dibuat dari bahan kertas. Origami berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata, yaitu "ori" yang berarti "lipat" dan "kami" yang berarti "kertas". Tujuan dari seni origami adalah untuk mengubah bentuk kertas menjadi bentuk lainnya yang bermacam-macam.

Secara umum untuk membuat origami kita bisa menggunakan kertas biasa namun kebanyakan origami di Jepang menggunakan kertas khusus untuk origami. Perbedaan antara kertas biasa dan kertas origami hanyalah dari segi design dan warna saja yang sangat beragam sehingga membuat origami menjadi semakin indah dan sama sekali tidak berhubungan dengan teknik seperti lipatan kertas menjadi lebih mudah dan sebagainya.




Origami pun menjadi populer di kalangan orang Jepang sampai sekarang terutama dengan kertas lokal Jepang yang disebut Washi. Washi (和紙, Washi?) atau Wagami adalah sejenis kertas yang dibuat dengan metode tradisional di Jepang. Dibandingkan kertas produksi mesin, serat dalam washi lebih panjang sehingga washi bisa dibuat lebih tipis, namun tahan lama, tidak cepat lusuh atau sobek. Origami merupakan kesenian tradisional dari Jepang.




Produksi washi sering tidak dapat memenuhi permintaan konsumen sehingga berharga mahal. Di Jepang, washi digunakan dalam berbagai jenis benda kerajinan dan seni seperti Origami, Shodō dan Ukiyo-e. Washi juga digunakan sebagai hiasan dalam agama Shinto, bahan pembuatan patung Buddha, bahan mebel, alas sashimi dalam kemasan, bahan perlengkapan tidur, bahan pakaian seperti kimono, serta bahan interior rumah dan pelapis pintu dorong. Di Jepang, washi juga merupakan bahan uang kertas sehingga uang kertas yang terkenal kuat dan tidak mudah lusuh.




Di Indonesia Origami biasanya diajarkan pada anak-anak TK sebagai ajang kreatifitas. Belajar origami dapat melatih keterampilan tangan dalam membuat suatu bentuk benda. Biasanya hasil origami digunakan sebagai hiasan jendela, dinding dan mainan. Dengan semakin berkembangnya zaman , sekarang ini bentuk origami sangatlah beragam. Orang-orang semakin kreatif dalam membentuk origami. Bentuk-bentuk origami yang umum dibuat adalah bentuk burung, pesawat, kupu-kupu, katak, dan lain-lain.




Salah satu origami yang biasanya dibuat di sekolahan adalah origami burung, berikut ini adalah langkah langkah dalam membuat origami burung :









































Disqus Comments