-->

Pencemaran Lingkungan





Pencemaran Lingkungan
berarti berubahnya tatanan (komposisi) lingkungan oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Semakin berkembangnya teknologi di bumi, semakin banyak pula dampak yang dihasilkan terhadap lingkungan. Salah satu dampaknya adalah terjadinya pencemaran lingkungan. Bumi ini adalah tempat berpijak kita. Bumi adalah rumah kita. Bumi adalah rumah bagi seluruh makhluk hidup. Yang terdiri dari faktor biotik dan abiotik. Bumi ini adalah berpijak kita. Bumi adalah rumah kita. Bumi adalah rumah bagi seluruh makhluk hidup yang terdiri dari faktor biotik dan abiotik.





Tahukah kamu?
Bumi kita terdiri dari berbagai lapisan dan yang tersusun dari berbagai zat. Lapisan bumi ada 3 yaitu Kerak bumi, Mantel bumi, dan Inti bumi. Lapisan Lithosfer terdiri dari beberapa zat, yaitu: 77% Nitrogen, 21 % Oksigen, 2 % gas-gas lain (CO, CO2, dan lain lain.)


Keseimbangan Lingkungan:
Dicirikan dengan tidak terputusnya mata rantai dalam jaring-jaring makanan. Suatu ekosistem yang dapat menjaga keseimbangannya dinamakan ekosistem seimbang. Usaha suatu ekosistem untuk selalu seimbang dinamakan ‘HOMEOSTATIS’.

Contoh:
Serangan hama tikus yang memakan tanaman padi (produsen) disebabkan banyak orang berburu ular (konsumen II) yang merupakan musuh alami tikus (konsumen I). Akibatnya populasi tikus tak terkendali sehingga produksi tanaman padi menurun.


Keseimbangan Lingkungan:
Keseimbangan lingkungan dikatakan tidak statis, artinya: Dapat terjadi penurunan atau kenaikan pada populasi makhluk hidup serta komponen abiotiknya yang tak terkendali.

Daya Dukung Lingkungan:
Adalah kemampuan lingkungan mendukung kehidupan berbagai makhluk hidup di dalamnya. Contoh Di sawah ada tikus, sehingga ular memangsa tikus dan bisa bertahan hidup


Daya Lenting Lingkungan:
Adalah kemampuan lingkungan untuk pulih kembali pada keadaan seimbang jika mengalami perubahan atau gangguan.

Contoh : Bertambahnya kembali jumlah tikus akibat manusia tak lagi memburunya dan ular tidak terlalu banyak yang memangsa tikus


Keseimbangan Lingkungan:
Dapat rusak apabila daya dukung atau daya lenting lingkungan tidak seimbang. Daya dukung dan daya lenting lingkungan tidak seimbang dapat disebabkan oleh alam ataupun manusia.



Begitu besarnya pengaruh pencemaran lingkungan terhadap bumi, maka banyak orang-orang yang memikirkan berbagai cara agar barang-barang yang sulit terurai dapat dimanfaatkan , kalian bisa membaca mengenai link dan link.

Semoga tulisan ini bermanfaat ,terima kasih .
Disqus Comments