-->

Nutrisi makanan

KESEHATAN KU

Kesehatan sangat penting bagi semua orang dari anak- anak sampai orang dewasa.
Semua orang ingin kesehatan, tapi bagaimana mendapatkannya?
Tubuh kita akan sehat, jika gizi yang tubuh kita butuhkan terpenuhi. Sebelum membahas apa saja gizi atau nutrisi yang kita butuhkan, lebih dahulu kita memahami apa yang dimaksud dengan gizi atau nutrisi. Gizi atau nutrisi adalah zat yang dibutuhkan makhluk hidup sebagai sumber energi, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan, dan untuk berlangsungnya fungsi normal pada setiap jaringan dan organ tubuh.

Image result for BUAH
JENIS- JENIS NUTRISI

1. Karbohidrat

Image result for BERAS NASI

Karbohidrat merupakan senyawa kimia yang tersusun atas unsur C, H, dan O. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. Satu gram karbohidrat menghasilkan 4, 0 - 4, 1 kilokalori. Contoh sumber karbohidrat. Contoh sumber karbohidrat adalah zat tepung dan gula.

Konsumsi karbohidrat terlalu berlebihan dapat menyebabkan penyakit gula atau diabetes. Penyedap utama peningkatan kejadian diabetes adalah gaya hidup. Dengan olahraga teratur dan pengaturan pola makan dapat mengurangi atau menunda timbulnya diabetes lebih dari 50%. Untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh, kamu dapat menggunakan alat pengukur gula darah. Kadar gula darah yang normal berkisar antara 60- 100 mg/ dL saat dalam kondisi tidak makan. Jika setelah makan, kadar maksimal kurang dari 140 mg/ dL.

Dan setelah anda tahu tentang nutrisi karbohidrat, sekarang kita akan membahas tentang apa saja makan yang mengandung karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat antara lain: nasi, tepung(jenis apa saja),kentang, talas, roti, singkong, ubi, mie, dan bahkan buah seperti semangka(8, 6 gr), kedelai(11gr), dan jeruk(12gr).

2. Lemak

Image result for MAKANAN MENGANDUNG LEMAK

Lemak atau lipid diperlukan tubuh karena menyediakan energi sebesar 9, 3 kkal/ gram, melarutkan vitamin A, D, E, K, dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia.

Selama proses pencernaan, lemak dipecah menjadi molekul yang lebih kecil, yaitu asam lemak dan gliserol.

Lemak merupakan unit penyimpanan yang baik untuk energi. Kelebihan energi dari makanan yang kamu makan akan diubah menjadi lemak dan disimpan untuk digunakan di lain waktu. Berdasarkan struktur kimianya, dikenal lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh biasanya cair pada suhu kamar. Minyak nabati serta lemak yang ditemukan dalam biji adalah lemak tak jenuh. Lemak jenuh biasanya padat pada suhu kamar,ditemukan dalam daging, susu, keju, minyak kelapa, dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh yang berlebih dapat meningkatkan kolesterol darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Contoh lemak tak jenuh: minyak dan biji- bijian.
Contoh lemak  jenuh: margarin.

3. Protein

Image result for gambar makanan yang mengandung protein

Protein merupakan senyawa kimia yang tersusun atas unsur C, H, O, dan N. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pengganti sel- sel tubuh yang rusak, pembuat enzim dan hormon, dan pembentuk antibodi(sistem kekebalan tubuh). Dalam satu gram protein menghasilkan 4, 0 kilokalori. Protein merupakan molekul besar yang terdiri atas karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan kadang- kadang belerang.

Protein terdiri dari:
- Protein hewani misalnya berbagai macam daging,telur,ikan, cumi- cumi, udang, susu dan keju.
- Protein nabati misalnya kedelai, tempe, tahu, dan kacang- kacangan.

4. Vitamin

Related image

Vitamin diperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah beberapa penyakit.

Vitamin dikelompokkan menjadi dua:
- Vitamin yang larut dalam air(vitamin B dan C)
- Vitamin yang larut dalam lemak(vitamin A, D, E, K)
Khusus vitamin D dapat terbentuk ketika kulit terkena sinar matahari, karena didalam tubuh ada pro vitamin D.

Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh
Image result for tabel vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh beserta nama lainnya

5. Mineral

Image result for makanan yang mengandung MINERAL

Tubuh kita membutuhkan 14 jenis mineral diantaranya adalah kalsium, fosfor, kalium, natrium, besi, iodium, dan seng. Mineral merupakan nutrisi yang sedikit mengandung atom karbon.

Mineral berfungsi dalam proses pembangunan sel, membantu reaksi kimia tubuh, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dan pembentukan dan pemeliharaan tulang. Beberapa mineral dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah yang sangat sedikit da sebagian yang lain cukup banyak.

Berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Image result for tabel mineral yang dibutuhkan oleh tubuh beserta nama lainnya

6. Air

Image result for gambar makanan yang mengandung AIR

Air penting bagi tubuh kita, sekitar 60- 88% sel tubuh makhluk hidup terdiri atas air. Tubuh dapat kehilangan air ketika bernapas, berkeringat, buang air besar maupun buang air kecil. Kehilangan air tersebut harus segera diganti dengan minum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari.  Namun, minum air bukan satu- satunya cara untuk memasok sel- sel dengan air, karena tanpa kita sadari makanan yang kita makan mengandung banyak air.Contoh apel yang mengandung air sebanyak 80% dan daging sebanyak 66%.

Related image

Air dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut zat- zat gizi lain dan pembantu proses pencernaan makanan, pelumas dan bantalan, media transportasi, dan media pengeluaran sisa metabolisme.
Disqus Comments