-->

Mengolah Limbah Kertas Menjadi Pajangan Dinding Cantik

MENGOLAH LIMBAH KERTAS

Ada banyak orang yang menghiraukan adanya limbah kertas, padahal ada banyak yang dapat dibuat dengan sebuah selembar kertas. Salah satunya adalah diolah menjadi sebuah kerajinan. Dan inilah contoh kerajinan yang dapat dibuat dengan bahan baku kertas:


MEMBUAT KERAJINAN KERTAS KORAN

Kita dapat membuat berbagai kerajinan dari koran bekas, salah satunya adalah berupa pajangan dinding yang dapat memperindah rumah anda. Inilah contoh kerajinan dari koran bekas berupa pajangan dinding:


1. Pajangan dinding(pohon)




Bahan dan Alat:
- Koran bekas(secukupnya)


- Papan kayu bekas(ukuran sesuai keinginan)


- Lem kertas


- Lem tembak


- Gunting

Langkah membuat:

- Yang pertama, bersihkan terlebih dahulu papan kayu dengan menggunakan air mengalir. Jika sudah bersih keringkan dibawah sinar matahari.

- Selagi menunggu papan kayu kering, terlebih dahulu kita membuat lipatan dengan koran, yaitu dengan cara : gunting koran menjadi satu lembaran saja, kemudian lipatlah dengan satu arah, sehingga menjadi lipatan yang panjang dan kecil, dan rekatkan dengan menggunakan lem kertas agar lipatan tidak rusak. Buatlah beberapa lipatan hingga serasa cukup.

- Buatlah lipatan kertas koran menjadi daun dengan menggabungkan kedua ujung lipatan dan rekatkan dengan menggunakan lem kertas. Dan sisakan juga lipatan koran yang biasa.

- lalu tempelkan bentuk lipatan biasa, diatas papan kayu yang sudah kering. Tempel membentuk batang, ranting dan akar pohon , dari beberapa lipatan koran dengan menggunakan lem tembak. Jika bentuk batang dan koran sudah jadi, maka lanjutkan dengan memasang bentuk daun yang sudah di buat tadi keseluruh ujung ranting pohon.
Disqus Comments