-->

Produk kerajinan dari tempurung kelapa

Kerajinan dari tempurung kelapa memang tidak mudah untuk dibuat. Namun, apabila tahu cara dan tips membuat kerajinan tangan dari  tempurung kelapa, kesulitan itu akan menjadi kemudahan. Di tangan orang-orang kreatif, tempurung kelapa yang awalnya dianggap sebagai sampah yang mengotori lingkungan diubah menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai jual yang cukup tingi.

Dari tempurung kelapa bisa dihasilkan souvenir pernikahan, gayung, asbak rokok, dan piring. Selain itu tempurung kelapa juga bisa dibuat berbagai aksesoris seperti kalung, figura, miniatur kendaraan, dan ukiran.

Proses pembuatan kerajinan dari tempurung kalapa

1. Pilihlah tempurung kelapa yang sudah benar benar tua dan kering dengan ciri bagian potongannya berwarna hitam.

2. Bersihkan serabut kasar di permukaan tempurung kelapa menggunakan pecahan kaca atau pisau. Lakukan langkah ini dengan hati-hati.

3. Bersihkan sisa serabut halus pada permukaan tempurung menggunakan amplas kasar, kemudian gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan tempurung secara merata.

4. Agar permukaan tempurung mengkilap, kamu dapat menggosok permukaan tempurung menggunakan daun kering secara berulang sampai terlihat mengkilap. Cara lain yang bisa ditempuh degan mengecatnya menggunakan cat pernis.

5. potong tempurung sesuai dengan pola kerajinan yang akan dibuat membuat gergaji besi.

6. tambahkan pernak pernik yang sesuai agar tampilannya lebih menarik

berikut ini beberapa hasil kerajinan dari tempurung kelapa








Sekarang sudah tahu kan kalau tempurung kelapa itu banyak manfaatnya. Jadi jangan pernah menyia-nyiakan tempurung kelapa ya.. semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian semua, dan selamat mencoba dirumah.




Disqus Comments