-->

Kegiatan ekonomi sehari- hari



Image result for kegiatan ekonomi


Setiap hari kita pasti melakukan kegiatan ekonomi seperti, di rumah , sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Tapi apakah anda tahu, apa yang dimaksud dengan pelaku ekonomi...
Setelah kita membaca ini , anda pasti mengetahui apa itu kegiatan ekonomi dan terdiri apa saja.

Ekonomi

Ekonomi berarti pengaturan rumah tangga. Berasal  dari kata oikos( rumah tangga) dan
nomos( aturan).
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup agar mencapai kemakmuran.
Tindakan ekonomi adalah kegiatan manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup agar mencapai kemakmuran.
Hidup makmur yaitu sebagian besar kebutuhan hidup terpenuhi.
Kelangkaan yaitu terbatasnya barang/ alat pemenuhan di hadapkan dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Kebutuhan Manusia dilihat dari:

Intensitas/ tingkatan

  1. Kebutuhan pokok/ primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi , karena bila tidak akan memengaruhi kelangsungan hidup.Contoh: jika kebutuhan akan makan tidak terpenuhi, maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup.
  2. Kebutuhan sekunder/ tambahan adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi da pelengkap kebutuhan primer dan jika tidak terpenuhi tidak mengganggu kelangsungan hidup. Contoh: perabot rumah tangga, lemari, radio, sabun, dan pasta gigi.
  3. Kebutuhan tersier/ mewah adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan sekunder dan tidak harus dipenuhi karena tergantung dengan uang dari masing- masing orang, tergantung tingkat kekayaan. Contoh: mobil mewah.
Sifat
  1. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada badan dan jasmani, bersifat materi. Contoh: makan , minum, obat, olahraga, dan kesehatan.
  2. Kebutuhan rohani adalah yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia agar puas, aman, dan tenang. Contoh: rekreasi, agama, TV, pendidikan, dan baca buku.
Waktu penggunaannya
  1. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan, apabila tidak dilakukan dengan segera akan berakibat tidak baik terhadap kelangsungan hidup. Contoh: obat bagi orang yang sedang sakit, jika  ditunda akan fatal.
  2. Kebutuhan masa yang akan datang adalah  yang pemenuhannya ditangguhkan untuk masa yang akan datang, bisa dipersiapkan dari sekarang. Contoh: orang bekerja dan menabung , untuk masa depan seperti pendidikan anak- anaknya.
Subjek yang merasakannya
  1. Individual adalah berhubungan langsung dengan perorangan, pemenuhannya dilakukan individu. Contoh: makan dan minum.
  2. Kelompok/ kolektif adalah dirasakan bersama dan pemenuhan bersama. Contoh: jembatan, dan jalan.

Faktor - faktor yang mempengaruhi kebutuhan orang berbeda- beda: 
  1. Jenis kelamin dan umur memengaruhi perbedaan jenis, variasi, dan jumlah kebutuhan.
  2. Tingkat pendidikan bagi yang mengutamakan pendidikan pengetahuan atau wawasan yang terkait pendidikan.
  3. Lingkungan tempat tinggal sangat besar berpengaruh dengan kebutuhan manusia.
  4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan adanya sesuatu baru yang akan mempengaruhi orang.
  5. Tingkat pendapatan yang semakin besar maka besar pula kebutuhan, karena memiliki untuk dipenuhi . Jika sebaliknya, semakin kecil pendapatan akan semakin sulit untuk dipenuhi.
  6. Status sosial semakin tinggi kedudukan seseorang di masyarakat biasanya semakin beragam dan bertambahnya kebutuhan.
  7. Perbedaan selera sangat berpengaruh terhadap  barang/ jasa yang dibutuhkan dan memengaruhi orang tersebut akan pemenuhan kebutuhannya.

Alat pemenuhan dibedakan menjadi:

    A. Kelangkaan/ cara memperoleh
  1. Ekonomis adalah yang keberadaannya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan meteriil/ fisik. Contoh: sepatu dan tas.
  2. Bebas adalah yang jumlahnya banyak untuk memperolehnya tidak perlu pengorbanan. Contoh: udara dan air.
    B. Hubungan dengan barang lain
  1. Substitusi adalah yang dalam penggunaannya saling dapat menggantikan barang lain, tapi sama kegunaan. Contoh: nasi- singkong.
  2. Komplementer adalah penggunaannya saling melengkapi satu sama lain, karena bila tidak salah satu maka barang tersebut kurang/ tidak bermanfaat. Contoh: motor- bensin.
    C. Tujuan penggunaannya
  1. Produksi/ modal adalah tidak dapat langsung memenuhi kebutuhan manusia tetapi melalui proses dahulu baru dapat dipergunakan. Contoh: mesin, gedung, dan lahan.
  2. Konsumsi adalah digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia, sering disebut barang jadi/ siap pakai, karena telah melalui proses produksi dan siap di pasarkan. Contoh: buku tulis untuk belajar dan alat tulis.
    D. Proses pembuatannya
  1.  Mentah adalah yang belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tapi harus melalui proses produksi terlebih dahulu. Contoh: padi dan kayu.
  2. Setengah jadi adalah barang/ alat pemuas kebutuhan yang masih dalam proses produksi. Contoh: benang- kain.
  3. Jadi adalah barang/ alat pemuas kebutuhan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh: nasi, kue, tas, baju, celana, buku, dan pensil.

Disqus Comments